07 November 2016, 09:08 WIB / oleh FOKUSJabar.com / Dilihat 1164 Kali

BANDUNG, FOKUSJabar.com : DPRD Jawa Barat akan membahas tujuh perubahan peraturan daerah (Perda) yang diusulkan oleh Badan Pembentukan (BP) Perda.

Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari mengatakan, sebetulnya usulan yang disampaikan dalam perubahan perda tersebut berjumlah 11, namun untuk 2016 ini pihaknya baru akan membahas tujuh perda terlebih dahulu.

“Satu Perda tentang pembentukan perangkat daerah sudah selesai dibahas, dan tiga Perda lagi baru akan dibahas pada sidang tahun 2017,” kata Ineu di Gedung DPRD Jabar, Senin (7/11/2016).

Dia mengatakan bahwa perubahan atas Perda-perda itu penting dilakukan, terlebih harus ada penyesuaian sesuai Undang-undang no 23/2014 tentang pemerintahan daerah karena perubahan Perda di atasnya.

Adapun tujuh Perubahan Perda yang dibahas kali ini, seperti Perda pengelolaan air tanah, Perda pengelolaan pertambangan, mineral dan batu bara, Perda penyelenggaraan perhubungan, Perda penyelenggaran perizinan terpadu, Perda BUMD PT BIJB tentang pengelolaan bandara, Perda pendirian jasa sarana dan Perda penyelenggaraan pendidikan.

Setelah selesai disetujui dan dibahas dalam sidang paripurna, perubahan atas Perda tersebut akan langsung dibahas melalui komisi-komisi mulai Selasa (8/11) hingga Senin (14/11) bulan ini.

Sedangkan untuk pembahasan di tingkat fraksi, baru akan dilaksanakan pada Selasa (15/11/2016) dan diharapkan 1 Desember nanti seluruh Perda sudah bisa diselesaikan dan disahkan pada paripurna.

“Meskipun waktunya singkat, kami berharap tujuh Perda ini bisa diselesaikan,” pungkasnya.