26 Oktober 2017, 00:00 WIB / oleh bisnisjakarta.co.id / Dilihat 133 Kali
BANDUNG (Bisnis Jakarta)-  Lion Air Group yang menaungi beberapa maskapai di Indonesia seperti Lion Air, Wings Air, Batik Air, dan Malindo Air yang beroperasi di Malaysia serta Thai Lion Air yang berbasis di Thailand pada hari ini melakukan kerja sama strategis bersama dengan PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB). Terjalinnya kerja sama tersebut untuk melayani jasa transportasi udara melalui bandara yang berada di kawasan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.‎
Kerja sama kedua belah pihak tersebut ditandai dengan ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) di Bandung, Kamis (26/10). Penandatanganan ini langsung dilakukan oleh Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra dan Presiden Direktur Lion Air Group, Edward Sirait. “Ini merupakan sebuah kemajuan dan perkembangan yang sangat baik dalam hal pembangunan insfrastruktur khususnya sebuah Bandara. Hal ini tentu dapat meningkatkan konektivitas  serta perluasan akses ke beberapa destinasi domestik di Indonesia lainnya bahkan tujuan Internasional”, ujar Edward.

Edward menambahkan bahwa Lion Air Group siap mendukung dalam beroperasi nya beberapa maskapai di bawah naungannya di Bandara Internasional Jawa Barat ini, karena diyakinkan akan semakin memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam menentukan pilihan terbang bersama Lion Air Group, serta dengan adanya Bandara Internasional Jawa Barat ini dapat semakin membuka lapangan kerja tempat berkarya dalam membangun penerbangan bangsa

Sedangkan Virda mengatakan bahwa Lion Air Group akan melangkapi kebutuhan sarana transportasi udara penerbangan dari dan menujui Jawa Barat.  “Mudah mudahan kerja sama dengan Lion Group ini yang memiliki banyak anak perusahaan bisa memberikan layanan transportasi udara kepada masyarakat Jawa barat khususnya, dan umumnya Indonesia,” kata Virda.

Hadirnya MoU bersama maskapai yang dikenal dengan biaya penerbangan rendah ini tentu bisa menjadi angin segar bagi BIJB. Apalagi Lion Air yang memiliki 112 armada saat ini telah terbang ke 183 rute dengan pelayanan ke seluruh penjuru Indonesia. Adapun untuk rute Internasional Lion Air ini melayani ke sejumlah negara seperti, Singapore, Malaysia, Saudi Arabia dan China. 

Jumlah rute tentunya akan terus bertambah mengingat pasar penerbangan di Indonesia yang terus berkembang begitu pesatditambah dengan pelayanan baru lewat BIJB.

Virda menyadari, sebagai bandara baru yang akan beroperasi pada 2018 mendatang, BIJB akan terus menggandeng banyak maskapai baik untuk penerbangan domestik dan internasional.

Sejauh ini sudah 14 rute penerbangan yang akan dilayani bandara bertaraf internasional tersebut. 10 rute diantaranya, penerbangan domestik yang akan melayani ke beberapa daerah diantaranya Jakarta, Surabaya, Medan dan Bali. Adapun untuk internasional yakni Singapura, Thailand, Malaysia dan Arab Saudi.

Seperti yang diketahu bahwa total armada Lion Air Group yang beroperasi di Indonesia saat ini berjumlah 218 unit yang terbagi dalam beberapa tipe seperti Boeing 737-800NG, Boeing 737-900ER, Airbus A320, Airbus A330, ATR 72-500/600, dan pesawat teranyar terbarunya yaitu Boeing 737 MAX 8. Jumlah tersebut akan terus bertambah sesuai dengan pengiriman yang dilakukan secara bertahap. (son)