03 November 2017, 00:00 WIB / oleh Rahmat Saepulloh / Dilihat 19 Kali
Warta Ekonomi.co.id, Bandung -

Direktur PT BIJB Virda Dimas Ekaputra mengaku optimis soft launchingBandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, bisa dilakukan pada kuartal I-2018.

"Melihat progres yang sudah on the track kami meyakini bandara yang kini sudah memiliki 3-Letter Airport Code 'KJT' dari IATA itu sudah bisa di-soft launching pada kuartal I-2018 mendatang," katanya kepada wartawan, Jumat (3/11/2017).

Dimas mengungkapkan bahwa untuk kesiapan fasilitas lain dari BIJB di mana progres penyedia dilakukan oleh multipihak tidak kalah menggembirakan. Sebut saja fasilitas bahan bakar pesawat untuk hydrant pitdari Pertamina sudah siap 100 persen. Selanjutnya pembangunan tower sebagai fasilitas navigasi penerbangan sudah mencapai 82 persen.

"Lainnya fasilitas dari BMKG sudah mencapai 99 persen, penyambung air sudah mencapai 95 persen, dan penyambungan listrik mencapai 96 persen," jelas Virda.

Virda juga menyampaikan skema pembiayaan bandara di mana PT BIJB adalah lembaga pertama yang mempergunakan skema pembiayaan infrastruktur dengan penerbitan RDPT atau Reksa Dana Penerbitan Terbatas (RDPT).

"Melalui skema ini, BIJB menargetkan penjualan RDPT Bandara Kertajati maksimal Rp1 triliun," ujar Virda.

Adapun, sisanya dari Rp2,6 triliun yang dibutuhkan, PT BIJB selaku BUMD Pemprov Jabar diberikan suntikan lewat pola penanaman saham di mana Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan PT Jasa Sarana dengan total modal yang disetor Rp808 miliar. Jasa Sarana memiliki porsi modal Rp12 miliar.

"Lainnya fasilitas dari BMKG sudah mencapai 99 persen, penyambung air sudah mencapai 95 persen, dan penyambungan listrik mencapai 96 persen," pungkasnya.

Tag: PT BIJBVirda Dimas Ekaputra

Penulis: Rahmat Saepulloh

Editor: Cahyo Prayogo

Foto: Rahmat Saepulloh

https://www.wartaekonomi.co.id/read159934/bijb-bakal-lakukan-soft-launching-pada-kuartal-i-2018.html