21 Desember 2017, 00:00 WIB / oleh bejo22 / Dilihat 382 Kali

beritajowo.com // bandung - Sekda Jabar, Iwa Karniwa memastikan Tol Soreng-Pasirkoja (Soroja) siap menyambut mobilitas warga yang hendak merayakan Tahun Baru 2018 di kawasan Bandung Selatan.

Pada saat itu, semua gardu sudah difungsikan. GT Kutawaringin Barat dan Timur menjadi terakhir yang difungsikan pada akhir pekan ini. Di luar itu, sistem pembayarannya sudah terkoneksi dengan dua tol besar.

Kedua tol tersebut adalah Tol Cikopo-Palimanan bagi kendaraan arah Jateng dan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) lintasan Jakarta-Jateng via selatan.

"Pokoknya akhir Desember ini tuntas seluruhnya, gardu sudah berfungsi sepenuhnya, demikian pula konektivitas dengan Tol Cipali dan Purbaleunyi, jadi sambut Tahun Baru tol ini siap," tandasnya di Bandung, Kamis (21/12).

Tarif pun, katanya, sudah ditetapkan. Untuk golongan I, yang mencakup kendaraan pribadi hingga bus, besarannya adalah Rp 7000 sekali melintas. Untuk truk golongan V, sebesar Rp 21 ribu.

Tol yang dibangun PT Citra Marga Lintas Jabar, konsorsium PT CMNP, PT Wijaya Karya, dan PT Jasa Sarana itu diperkirakan bakal banjir wisatawan.

Pasalnya, tol itu mempunyai keunggulan lanskap "Kota Kembang". Cekungan Bandung dengan deretan bangunan tinggi dan jejalan bangunan lainnya terlihat jelas pada saat cuaca cerah. Bahkan di Gerbang Tol Soreang, ke arah Bandung, lokasinya bertepatan dengan view Gunung Tangkuban Perahu.

Deretan pegunungan yang mengungkung Bandung di utara begitu memanjakan pandang. Untuk warga yang dari arah sebaliknya, pengendara bisa menyaksikan kemegahan Pegunungan Malabar.

Tempat segala potensi wisata Kabupaten Bandung berada di antaranya perkebunan teh, Ciwidey, Malabar, Pangalengan, Situ Patenggang, Situ Cileunca, Cimanggu, Ciwalini, Kawah Putih, dan Bosscha, serta rumah tempat syuting film Pengabdi Setan.

Wisata memang jadi sektor yang diandalkan. Dari Kota Bandung, melalui tol senilai Rp 1,7 triliun itu lokasi tersebut bisa diakses selama 12 menit, jauh berkurang dibanding waktu tempuh melalui jalur tradisional arteri yakni selama 1,5 jam. Panjang tol sendiri adalah 10,57 Km.

 

https://beritajowo.com/news/detail/2406/Libur-Natal-dan-Tahun-BaruTol-Soroja-di-Fungsikan