14 Mei 2018, 00:00 WIB / oleh Fauzie Pradita Abbas / Dilihat 112 Kali

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - PT Jabar Telematika sebagai BUMD Pemerintah Provinsi Jawa Barat siap menggarap pembenahan dan pembangunan infrastruktur jaringan informasi telekomunikasi di kabupaten dan kota di Jawa Barat dengan mengembangkan konsep smart city.

Direktur Utama PT Jabar Telematika, Aliyas, mengatakan saat ini telah terbangun jaringan smart city seperti di Bandung Raya dan Cirebon.

Namun, infrastruktur smart city di Jawa Barat ini masih kurang terintegrasi.

Konsep smart city tersebut, katanya, mewajibkan peningkatan kualitas dan pelayanan tata kelola pemerintahan infrastruktur jaringan telekomunikasi dan sistem informasi berbasis teknologi informasi yang optimal.

"Penataan ini bersifat mendesak karena mendorong pertumbuhan ekonomi. Dengan ini, transaksi ekonomi lebih mudah dan murah, pelayanan publik lebih cepat, serta arus produksi dan perdagangan semakin meningkat,” katanya dalam Workshop Smart City di Gedung Sate, Bandung, Senin (14/5).

Aliyas mengatakan menggelar Workshop Smart City dengan harapan bisa menjadi program yang berkelanjutan mengingat akan dilakukan pemilihan kota kabupaten di Jawa Barat yang sudah meng-implementasikan program smart city secara bertahap atau smart city readiness.

“Penentuan kabupaten kota dI Jawa Barat akan ditentukan oleh Team Smart City yang independen dan professional di bidangnya,” tuturnya.

Untuk kesiapan menyokong program smart city, anak perusahaan BUMD PT Jasa Sarana ini memastikan akan segera memulai pembangunan saluran serat optik bersama (ducting bersama) yang menghubungkan 27 kabupaten kota di Jawa Barat, sepanjang sekitar 3.000 kilometer, dilakukan selama lima tahun.

Aliyas memastikan saluran serat optik bersama ini juga merupakan salah satu infrastruktur pendukung terwujudnya smart city di Jawa Barat.

Dalam workshop tersebut juga dilakukan penandatanganan kerja sama pembangunan infrastruktur pasif di wilayah Kota Cirebon dan Kota Bandung.

Kerjasama ini melengkapi konsesi yang sudah dimiliki oleh PT Jabar Telematika sebelumnya di Bandung Raya dan Kabupaten Kuningan. Detailed Enginering Design atau DED saluran serat optik bersama di Bandung Raya sudah dibuat 2016 lalu oleh Diskominfo Jabar.

“Selanjutnya adalah fase pembangunan dan pengelolaan saluran serat optik bersama oleh PT Jabar Telematika,” katanya.

http://jabar.tribunnews.com/2018/05/14/pt-jabar-telematika-siap-bangun-serat-optik-3000-kilometer-di-jabar