02 Januari 2019, 00:00 WIB / oleh Erna Martiyanti / Dilihat 138 Kali

JawaPos.com - Rencana pembangunan tol dalam kota di Bandung akan segera terealisasi. Pasalnya Pemerintah Kota Bandung telah melakukan audiensi dengan PT Citra Marga Lintas Jabar (CMLJ) selaku pengembang.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan dalam pertemuan tersebut membahas tentang Ns link yakni lintas tol dalam kota yang dari mulai Tol Soroja, Pasirkoja hingga Jalan Supratman dan sekitar Pusdai.

"Ini program tol dalam kota yang direncanakan PT CLMJ, kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, karena itu memang jalan milik provinsi," kata Oded di Balai Kota Bandung, Rabu (2/1).

Dari rencana pembangunan proyek tol dalam kota ini diharapkan, Kota Bandung bisa mendapatkan dampak positif dari pembangunan tol ini. Perihal dibutuhkan atau tidak, ini merupakan proyek dari Pemprov Jawa Barat, dan Pemkot hanya mengurus soal perizinan karena berada di wilayah Bandung.

Selain itu, rencana tol dalam kota ini sudah ada sejak lama. Renacananya akan dibangun dari tol Pasteur sampai ke Timur Ujungberung, bahkan menyambung ke KM 149 wilayah Gede Bage, dengan panjang 14,3 Kilometer.

"Butuh enggak butuh bangun tol, ini supaya terkoneksi kan butuh waktu. Kalau enggak dimulai kapan lagi? Yang penting buat Bandung dapat manfaat saja," jelasnya.

Disinggung soal pembebasan lahan akan ada nama kecil karena tol dikonsep atau dibangun di atas jalan eksisting jalan yang sudah ada. Artinya konsep dibangun di atas.

"Baru saja ada pemikiran dari Pemkot Bandung, mengusulkan dari Jalan Laswi sampai Jalan Supratman itu kalau bisa pakai underpass, karena di situ ada heritage. Kalau ke bawah kan enggak terganggu," ujarnya.

(ona/JPC)