19 Januari 2019, 00:00 WIB / oleh Firman Wijaksana / Dilihat 96 Kali

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) akan dimulai  pengerjaannya tahun ini.

Proses lelang dan penetapan lokasi (penlok) akan dimulai pada pertengahan tahun.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan proses lelang akan dilakukan awal tahun. Enam bulan lagi, pemenang lelang bisa segera ditetapkan.

"Tol Cigatas jadi tahap awal pembangunan ruas jalan tol Cileunyi yang akan terhubung sampai Cilacap," ujar Basuki Hadimuljono di sela peletakan batu pertama perumahan tukang cukur oleh Presiden Joko Widodo, Sabtu (19/1/2019).

Meski direncanakan dibangun sampai Cilacap, Basuki Hadimuljono menyebut saat ini prioritas pembangunan baru sampai Tasikmalaya. Panjang tol Cileunyi sampai Cilacap sekitar 180 kilometer. "(Anggaran pembangunan tol) sekitar Rp 20 triliun. Sampai ke Tasik panjangnya 80 kilometer," katanya.

Pembebasan lahan untuk tol Cigatas, diakui Basuki Hadimuljono sudah mulai dilakukan.Proses lelang juga berbarengan dengan pembebasan lahan agar mempercepat proses pembangunan. "Tol Cigatas nantinya akan terkoneksi dari Cileunyi, GarutTasikmalaya, Cilacap, Jogja, sampai Solo," ucapnya.

Ia berharap proses lelang bisa selesai di bulan Juni. Pembangunan pun bisa segera dikerjakan setelah ada pemenang lelang. (firman wijaksana)