Bidang Energi



ENERGI MIDSTREAM

Perseroan melalui PT Jabar Energi mengolah bidang energi hilir migas/mid-stream di Jawa Barat.








NIAGA (TRADING) GAS LAPANGAN PDT

Niaga Gas untuk industri dengan memanfaatkan suplai gas dari sumur gas Pondok Tengah, dengan kapasitas gas 3,5 mmscfd








JARINGAN GAS

Jaringan Gas (Jargas) yang berlokasi di kota Depok beroperasi sejak Mei 2011 melayani 3.960 satuan sambungan dengan rata rata penggunaan gas 17 m3 dan kota Bekasi beroperasi sejak Desember 2011 melayani 4.640 satuan sambungan dengan rata rata penggunaan 15 m3.








SPPBE CIKAMUNING

SPPBE (Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji) Cikamuning-Padalarang memiliki kapasitas 20 Ton per hari telah memperoleh izin niaga sejak Februari 2014 dan izin pengangkutan dari Dirjen Migas Bulan Januari 2015. Adapun nilai investasi SPPBE sebesar 10 Miliar Rupiah.








DISTRIBUSI CNG & PIPANISASI GAS KAWASAN

Pengusahaan distribusi gas dalam bentuk CNG dan pipa gas untuk kawasan industri di Jawa Barat ditargetkan dapat beroperasi pada akhir Tahun 2015.








WKP CISOLOK-CISUKARAME (Kabupaten Sukabumi)

Pengusahaan distribusi gas dalam bentuk CNG dan pipa gas untuk kawasan industri di Jawa Barat ditargetkan dapat beroperasi pada akhir Tahun PT Jabar Rekind Geothermal sebagai pemegang konsesi WKP Panas Bumi Cisolok-Sukarame, Kabupaten Sukabumi-Jawa Barat telah memenangkan tender pada Tahun 2009, mendapatkan Izin Usaha Pertambangan, G&G Survey dimulai Tahun 2010 dan selesai pada Tahun 2011. Desain Drilling, infrastruktur, negosiasi pembebasan lahan, perizinan dan negosiasi PPA dengan PLN telah dilaksanakan pada Tahun 2012.

Tahun 2013, pembebasan lahan sudah disepakati bersama PTPN VIII melalui opsi sewa guna lahan. Nilai Investasi WKP Panas Bumi Cisolok-Cisukarame adalah sebesar 1,9 Triliun rupiah dengan IRR 11,13% (perbandingan suku bunga dollar).

Tahun 2014, Perseroan melalui anak perusahaannya PT Jabar Bumi Konstruksi berfokus pada pekerjaaan pembangunan akses jalan infrastruktur di WKP Cisolok-Sukarame.








WKP TAMPOMAS

Perusahaan afiliasi PT Jasa Sarana, PT Wika Jabar Power (PT WJP) adalah pemegang konsesi WKP Panas Bumi Tampomas dengan nilai investasi sebesar 1,6 Trilyun Rupiah dengan IRR 11,13% (perbandingan suku bunga dollar). PT WJP telah melaksanakan survey ulang G&G oleh konsultan independen (Parsons Brickerhoff) pada tahun 2013.








PLTM KERTAMUKTI

Perseroan bersama dengan Afiliasinya, PT Metaphora Andalan Utama berupaya mengembangkan project PLTM di Desa Kertamukti, Sukabumi- Jawa Barat. Potensi yang baik didukung lokasi strategis menjadi keunggulan lainnya yang didapatkan. Terus meningkatnya harga PPA dari Pemerintah merupakan prospek menguntungkan bagi pengembangan project PLTM yang akan menghasilkan 3x2,1 MW. Nilai investasi untuk project ini adalah 156 Miliar Rupiah dengan IRR on Project sebesar 22%.

Saat ini, masih terus diupayakan terbitnya PPA dengan PT PLN (Persero). Konstruksi PLTM Kertamukti akan diupayakan pada Triwulan III -2015 dan diharapkan dapat beroperasi mulai Tahun 2017.